Istana : Jokowi Yakin Luhut Mampu Tangani Covid-19 di 9 Provinsi Termasuk Jakarta

Fahreza Rizky ยท Rabu, 16 September 2020 - 14:45 WIB
Istana : Jokowi Yakin Luhut Mampu Tangani Covid-19 di 9 Provinsi Termasuk Jakarta

Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Luhut Binsar Pandjaitan ikut menangani kasus virus corona (Covid-19) di 9 provinsi. Luhut berwenang terlibat dalam penanganan Covid-19.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan, Luhut selain menjabat sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) juga sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

"Artinya sebenarnya beliau juga secara keorganisasian secara tupoksi memiliki wewenang untuk melakukan apapun yang diperlukan untuk menekan angka positif," ujar Doni di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, Luhut mampu mengeksekusi arahan yang disampaikan Jokowi. Pertimbangan tersebut, kata dia menjadi salah satu alasan Jokowi mempercayakan Luhut ikut terlibat menangani Covid-19 di 9 provinsi.

"Saya kira kepercayaan terhadap Pak Luhut ini diberikan sesuai dengan kapasitas masing-masing sesuai dengan resources yang mereka miliki untuk segera menurunkan kasus Covid-19," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi memerintahkan Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menangani kasus Covid-19 di 9 provinsi.

Kesembilan provinsi itu berkontribusi besar terhadap angka kasus positif Covid-19 secara nasional, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatanl, Bali, Sumatera Utara dan Papua.

Editor : Kurnia Illahi