Jadi Kapolri, Idham Azis Janji Tuntaskan Kasus Novel Baswedan

Felldy Utama ยท Rabu, 30 Oktober 2019 - 18:03 WIB
Jadi Kapolri, Idham Azis Janji Tuntaskan Kasus Novel Baswedan

Calon kapolri, Komjen Pol Idham Azis. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Pencalonan Komjen Pol Idham Azis sebagai kapolri telah mendapat persetujuan secara aklamasi dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III DPR. Jenderal polisi bintang tiga itu pun menyatakan, jika telah resmi menjabat kapolri, dia berjanji menuntaskan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan.

Komitmen serius itu disampaikan Idham seusai menjalani tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon kapolri di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (30/10/2019). “Saya nanti begitu dilantik, saya akan menunjuk kabareskrim baru dan nanti saya beri dia waktu untuk segera mengungkap kasus (Novel) itu,” kata Idham.

Pria yang kini masih menjabat sebagai kabareskrim Mabes Polri itu menyampaikan, dalam beberapa hari ke depan, dia akan melantik sosok penggantinya. “Insya Allah, Hari Jumat (1/11/2019) nanti (pelantikan Kabareskrim yang baru),” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR dalam agenda pengambilan keputusan tingkat I menyetujui Komjen Pol Idham Azis diangkat sebagai kapolri menggantikan Tito Karnavian. Keputusan tersebut diambil secara aklamasi atau mendapat persetujuan dari sembilan fraksi yang ada di Komisi III DPR.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, seusai menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Idham Azis di ruang rapat Komisi III DPR Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (30/10/2019). “Semua fraksi berksimpulan bahwa tidak perlu membuat pandangan fraksi namun keputusan melalui ketua kelompok komisi, yaitu aklamasi,” kata Herman.

Editor : Ahmad Islamy Jamil