Jadi Pengawas Ujian SD, Prajurit TNI di Papua Beri Motivasi kepada Murid

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 05:30 WIB
Jadi Pengawas Ujian SD, Prajurit TNI di Papua Beri Motivasi kepada Murid

Letda Inf Yusri Khoirudin menjadi pengawas pada saat ujian tengah semester (UTS) di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirely, Distrik Ulilin, Merauke, Papua. (Foto-foto: Puspen TNI)

MERAUKE, iNews.id – Prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad punya tugas mulia. Selain membantu mengajar di sejumlah sekolah yang ada di wilayah perbatasan, mereka juga dipercaya menjadi pengawas pada saat ujian tengah semester (UTS) di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirely, Distrik Ulilin, Merauke, Papua.

Kegiatan prajurit TNI membantu mengajar telah berjalan sejak lama di Papua. Kebiasaan ini menciptakan hubungan baik antara personel satgas dan guru, seperti yang terlihat di Pos Bupul 13. Di sana, Danpos Letda Inf Yusri Khoirudin bersama satu anggotanya dipercaya oleh pihak sekolah untuk menjadi pengawas UTS di SD Inpres Bupul 13. Amanah yang telah dipercayakan untuk menjadi pengawas pun dilaksanakan Yusri dengan baik.

“Salah satunya pada saat sebelum ujian dimulai, Letda Inf Yusri Khoirudin memberikan semangat dan motivasi kepada 25 murid yang mengikuti ujian, bahwa apa yang akan mereka kerjakan adalah gerbang untuk mencapai cita-cita, maka harus dilaksanakan dengan jujur dan percaya diri,” ungkap Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya, di Pos Kotis, Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Selasa (3/12/2019).

Rizky mengatakan, sejak awal, Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad telah berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan sekolah-sekolah yang ada di sekitar pos. Ini bertujuan semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di perbatasan RI-PNG secara bersama-sama. “Hal tersebut hingga kini telah terlaksana, sehingga diharapkan terbangun ikatan antara satgas, dewan guru, dan para siswa dengan baik,” tuturnya.

Sementara, Letda Inf Yusri Khoirudin mengatakan, kepercayaan yang diberikan untuk menjadi pengawas ujian menjadi wujud nyata TNI dalam pembinaan teritorial dengan sekolah selama ini. “Kami berusaha untuk menciptakan situasi ujian dengan santai namun tetap serius, sehingga anak-anak tidak merasa tertekan dan terbebani dengan soal-soal yang mereka hadapi,” ucapnya.

Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13, Ona Bernandus, sangat berterima kasih kepada Pos Bupul 13 yang telah rutin membantu mengajar di SD Inpres Bupul 13. “Pada pelaksanaan UTS yang dijadwalkan tanggal 2-5 Desember 2019, kami juga turut melibatkan personel Satgas untuk menjadi pengawas ujian sebagai wujud sinergisitas,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil