JAKI Diperbarui, Warga Jakarta Makin Dimanjakan Fitur Menarik
JAKARTA, iNews.id - Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang dapat meringankan segala urusan, termasuk birokrasi dan pelayanan pemerintah kepada warganya. Saat ini Jakarta juga berbenah melakukan hal serupa dengan menghadirkan aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang dirancang sebagai pusat informasi dan pengaduan warga.
Aplikasi yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada 27 September 2019 ini, terus dikembangkan Pemprov DKI agar masyarakat merasa makin terlayani. Pada pengembangan tahap kedua yang rencananya diluncurkan pada Desember nanti, empat fitur tambahan akan tersedia.
Keempat fitur ini merupakan hasil integrasi dari aplikasi atau layanan daring yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Fitur pertama, yaitu Pantau Banjir. Layanan ini akan menginformasikan soal tinggi permukaan air, genangan, pompa air, pintu air, dan pos pengamatan di Jakarta.
Fitur kedua adalah info pangan, melalui kanal ini warga akan mengetahui harga komoditas pangan harian yang terintegrasi dengan data PD Pasar Jaya. Selanjutnya, ada fitur Tracking Laporan, fungsinya untuk mengetahui progres pengaduan warga dan warga bisa memberi tanggapan atas hasil pengaduan tersebut.
Terakhir, ada fitur yang membuka akses berbagai aplikasi perusahaan digital yang telah berkolaborasi dengan Pemprov DKI. Empat hal tadi merupakan bukti bila Pemprov DKI amat serius membangun Jakarta dengan memperkenalkan sisi Ibu Kota yang humanis, berbudaya, dan melibatkan semua kalangan untuk bersama membangun daerahnya.
Pemprov DKI juga melibatkan warga dalam mengembangkan aplikasi JAKI melalui JAKI Project. Masyarakat Jakarta yang memiliki ide kreatif dan mau membangun kotanya menjadi lebih baik dapat menyampaikan ide mengenai fitur tambahan lain untuk membantu segala aktivitas. Ide tersebut dapat dikirimkan melalui situs web resmi JAKI di jaki.jakarta.go.id atau Aplikasi JAKI yang bisa diunduh dari Google Play Store.
Pada fase pertama peluncuran JAKI, terdapat beberapa fitur yang tersemat di dalamnya, seperti JakWarta, JakISPU, JakSurvei, JakSiaga, JakLapor, dan JakServ. Keenamnya memiliki fungsi masing-masing, mulai dari info tentang Jakarta, ruang evaluasi kinerja kariawan di jajaran Pemprov DKI, melakukan pengaduan darurat, tempat penampungan keluhan warga, hingga tempat segala situs web Pemprov DKI. (Adv)
Editor: Tuty Ocktaviany