Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Siapkan Operasi Lilin 

Fahreza Rizky · Selasa, 21 Desember 2021 - 13:11:00 WIB
Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Siapkan Operasi Lilin 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memimpin rapat koordinasi tingkat menteri tentang Persiapan Akhir Menghadapi Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Selasa (21/12/2021). Operasi Lilin akan dimulai pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Dilaksanakan pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, akan tetapi H-7 sudah dilakukan kegiatan pra operasi setelah tanggal 2 akan dilakukan pos operasi, H+7 terutama oleh polri dan TNI (dan aparat lainnya)," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy saat jumpa pers secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Pemerintah juga memutuskan untuk melakukan penebalan petugas demi mengantisipasi dampak pergerakan orang di semua area, mulai dari mall, restoran, jalan tol, termasuk tempat wisata.

"Kemudian akan mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hail PCR di pintu-pintu masuk sehingga tidak terjadi penumpukan PPLN baik darat, laut, udara," tutur Muhadjir.

Selanjutnya, kata Muhadjir, pemerintah juga akan memperketat penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana tracing dan monitoring. Jika ada yang tidak menggunakan aplikasi ini maka akan diberikan sanksi tegas.

Dalam rakor itu turut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Kemudian hadir pula Menkominfo Johnny G. Plate, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, beserta pejabat negara lainnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda