Jokowi Akan Beri Anugerah Bintang Jasa ke 22 Tenaga Medis yang Gugur

Muhammad Fida Ul Haq ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 07:56 WIB
Jokowi Akan Beri Anugerah Bintang Jasa ke 22 Tenaga Medis yang Gugur

Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan anugerah 9 Bintang Jasa Pratama dan 13 Bintang Jasa Nararya kepada tenaga medis yang gugur karena merawat pasien Covid-19. Anugerah tersebut merupakan bentuk duka cita mendalam dan penghormatan tertinggi negara terhadap seluruh tenaga medis yang menjadi garis depan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Peghargaan akan diserahkan langsung Jokowi di Istana Negara pagi ini, Rabu (13/8/2020). Juru Bicara Presiden Jokowi Fajdroel Rachman mengatakan melalui anugerah itu disampaikan duka cira mendalam kepada kaluarga tenaga medis yang wafat.

"Duka cita mendalam disampaikan juga kepada keluarga para tenaga medis yang wafat tersebut, serta kepada rekan sejawat seprofesi yang hingga saat ini masih berjibaku merawat pasien Covid-19. Tanpa kenal lelah, dengan panggilan kemanusiaan tanpa sekat apapun, seluruh tenaga medis telah berjasa dalam menangani pandemi Covid-19 dengan penuh dedikasi dan profesional," kata Fadjroel, Rabu.

Selain penyerahan pengharhgaan, Jokowi juga akan memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan. "Penyerahan 22 bintang jasa ini merupakan tahap pertama, yang akan dilanjutkan dengan tahap berikutnya dengan bintang jasa dan santunan yang sama kepada tenaga medis yang gugur," kata Fajdroel.

Fadjroel mengatakan pemerintah bekerja keras untuk menangani pandemi Covid-19. Pengerjaan vaksin terus dikebut dengan BUMN Biofarma.

"Pemerintah bekerja keras menangani pandemi Covid-19 dan kehidupan sosial ekonomi rakyat Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Termasuk mempercepat keberadaan vaksin Covid-19 melalui kerjasama BUMN Biofarma dengan pihak lain, serta Vaksin Merah Putih melalui Lembaga Eijckman," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq