Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sasak di Pidato Kenegaraan

Aditya Pratama ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 10:42 WIB
Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sasak di Pidato Kenegaraan

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat mengenakan pakaian adat Sasak NTB

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengeksplorasi budaya lokal dalam pidato kenegaraan jelang HUT ke-47 RI. Dalam sidang tahunan MPR kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mengawali pidatonya, mantan gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan ada yang menanyakan terkait pakaian adat yang dikenakannya kali ini. "Ini pakaian dari Sasak Nusa Tenggara Barat. Dari bumi Sasak," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baju adat yang dikenakan Jokowi bermotif emas. Sebelumnya, Jokowi mengajak antarlembaga bersama-sama mewujudkan satu visi besar Indonesia Maju. Indonesia yang nyaman bagi seluruh anak bangsa, yang sejahtera, adil dan makmur, dihormati dan disegani bangsa-bangsa lain di dunia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin dalam bingkai visi yang sama, Indonesia akan semakin kuat, solid, dan menjadi pemenang dalam kompetisi global. "Untuk menjadi kuat, kita tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri," katanya.

Mantan wali kota Solo ini mengajak masing-masing lembaga menghilangkan egonya. Tujuannya, masing-masing lembaga dapat bekerja sama melahirkan karya baru.

"Ego sektoral yang terkotak-kotak sudah tidak relevan lagi dan harus ditinggalkan Kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan," ujar Jokowi.


Editor : Djibril Muhammad