Jokowi Minta Gunakan Sistem Analisis Big Data untuk Deteksi Calon Atlet Berprestasi

Dita Angga ยท Rabu, 09 September 2020 - 23:59 WIB
Jokowi Minta Gunakan Sistem Analisis Big Data untuk Deteksi Calon Atlet Berprestasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemanfaatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru dalam memajukan dunia olahraga. Hal ini bukan saja untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis ilmu pengetahuan melainkan pengembangan manajemen baru yang lebih baik.

Permintaan itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Olahraga Nasional di Jakarta Rabu (9/9/2020). "Kembangkan sistem informasi dan big data analytic yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas," ucapnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menekankan pentingnya perbaikan cara-cara lama yang dinilai kurang tepat. "Kalau selama ini prestasi olahraga kita masih kurang, masih kurang berhasil itu artinya cara-cara yang selama kita lakukan mungkin tidak tepat, mungkin kurang tepat," katanya.

Jokowi mengungkapkan, ekosistem harus ditinjau kembali secara total. Termasuk dalam hal tata kelola pembinaan atlet juga perlu ditinjau ulang.

"Rancang tata kelola pembinaan atlet yang tersinergikan dengan baik dari daerah sampai pusat, dari lembaga pendidikan umum sampai lembaga pendidikan olahraga. Tingkatkan sinergi antara organisasi cabang olahraga sampai ke Kemenpora," tuturnya.

Editor : Djibril Muhammad