Jokowi Sebut Covid-19 Sebabkan Perayaan 17 Agustus Berubah Total

Muhammad Fida Ul Haq ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 10:19 WIB
Jokowi Sebut Covid-19 Sebabkan Perayaan 17 Agustus Berubah Total

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Pulau Sabu, NTT (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jokowi mengatakan seharusnya sidang tahunan selalu diisi penuh.

Namun, tahun ini berbeda karena harus mematuhi protokol Covid-19. Dia mengatakan dua minggu ini juga seharusnya banyak lomba tapi terpaksa tidak bisa.

"Semestinya, seluruh kursi di Ruang Sidang ini terisi penuh, tanpa ada satu kursi pun yang kosong. Semestinya, sejak 2 minggu yang lalu, berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan, karnaval-karnaval perayaan peringatan hari kemerdekaan diadakan, menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 RI," kata Jokowi, Jumat (14/8/2020).

Jokowi menuturkan Covid-19 menyebabkan 737.000 orang meninggal dunia. Sebanyak 20 juta masyarakat di seluruh dunia juga terdampak.

"Terdapat lebih dari 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan semua negara terdampak. Sektor ekonomi mengalami kemunduran di negara miskin, berkembang maupun maju.

"Semua negara, negara miskin, negara berkembang, termasuk negara maju, semuanya sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19," ujar Jokowi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq