Jokowi Sebut Indonesia Harus Siap Hadapi Segala Bentuk Kejahatan

Aditya Pratama ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 11:51 WIB
Jokowi Sebut Indonesia Harus Siap Hadapi Segala Bentuk Kejahatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato kenegaraan pada sidang tahunan MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (Foto: ANtara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia harus tanggap dan siap menghadapi segala bentuk kejahatan yang ada di depan mata. Hal itu menurut dia dapat mengganggu pertahanan dan keamanan tanah air.

"Kita juga harus tanggap dan siap menghadapi perang siber. Menghadapi intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Serta menghadapi ancaman kejahatan-kejahatan lainnya baik dari dalam maupun luar negeri yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa kita," tuturnya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya di Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna DPR/MPR RI, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Jokowi juga menegaskan Indonesia tidak takut terhadap keterbukaan. Dia menegaskan Indonesia akan menghadapi keterbukaan dengan kewaspadaan.

"Kewaspadaan terhadap ideologi lain yang mengancam ideologi bangsa. Kewaspadaan terhadap adab dan budaya lain yang tidak sesuai dengan kearifan bangsa kita. Kewaspadaan terhadap apapun yang mengancam kedaulatan kita," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, Indonesia tidak takut terhadap persaingan karena kreativitas, inovasi, dan kecepatan yang dimiliki Indonesia sudah baik.

"Karena itu tidak ada pilihan lain, kita harus berubah. Cara-cara lama yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan. Strategi baru harus diciptakan. Cara-cara baru harus dilakukan. Kita tidak cukup hanya lebih baik dari sebelumnya. Tetapi kita harus lebih baik dari yang lainnya," ucap Jokowi.


Editor : Djibril Muhammad