Jokowi: TNI Penjaga Utama Kedaulatan NKRI

Muhammad Fida Ul Haq · Senin, 05 Oktober 2020 - 10:23 WIB
Jokowi: TNI Penjaga Utama Kedaulatan NKRI

Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 TNI. Jokowi mengatakan TNI merupakan penjaga utama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan," kata Jokowi seperti dilihat dari siaran langsung Youtube Biro Setpres, Senin (5/10/2020).

Jokowi juga menjelaskan kontribusi TNI bukan hanya melalui operasi perang tapi juga membantu rakyat yang terdampak bencana. Salah satunya pandemi Covid-19.

"Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui operasi militer untuk perang tetapi juga melalui operasi militer selain perang yang dengan sikap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini atas nama rakyat," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan penghargaan tertinggi kepada prajurit TNI yang selalu berbakti kepada bangsa dan negara. Dia memuji para anggota TNI yang selalu siap bertugas di mana saja.

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI pada para prajurit yang sedang bertugas di manapun juga kepada para purna wirawan yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri," ucapnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq