Jumlah Perempuan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin Dinilai Minim

Felldy Utama ยท Jumat, 01 November 2019 - 00:02 WIB
Jumlah Perempuan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin Dinilai Minim

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Jumlah perempuan di kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dinilai minim. Perempuan yang ada di kabinet periode kedua Jokowi lebih sedikit dibandingkan kabinet sebelumnya.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi mengatakan, saat debat Pilpres 2019 Jokowi menyampaikan perhatian besar kepada perempuan. Bahkan, saat itu Jokowi dengan bangga menyebut jumlah perempuan di kabinetnya mencapai sembilan orang.

“Sayang ya di Kabinet Indonesia Maju ini menteri perempuan sangat sedikit hanya ada lima. Menteri pada kabinet kerja sebelumnya banyak ada sembilan menteri," ujar Nita di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, penentuan kabinet merupakan hak prerogatif Jokowi selaku presiden. Dia hanya menyayangkan ada pengurangan peran perempuan di Kabinet Indoensia Maju.

Dia juga tidak kecewa tidak termasuk deretan kabinet yang dibentuk Jokowi. Meskipun, namanya sempat disebut-sebut akan masuk dalam kabinet tersebut.

“Saya tidak kecewa dong, tidak sedih, biasa saja itu hak prerogatif Presiden ya saya hormati dan semua menteri yang masuk kabinet banyak sahabat-sahabat saya," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi