Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Ngeri! 110 Anak Direkrut Teroris Lewat Game Online dan Instagram
Advertisement . Scroll to see content

KAI Hadirkan KAI Entertainment by NextGO, Tingkatkan Kenyamanan Mudik Lebaran 2025

Kamis, 13 Maret 2025 - 21:09:00 WIB
KAI Hadirkan KAI Entertainment by NextGO, Tingkatkan Kenyamanan Mudik Lebaran 2025
KAI menghadirkan New Entertainment on Board (EOB) dengan platform NextGO sebagai penyedia hiburan digital bagi pelanggan. (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus berinovasi guna meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan menyambut musim mudik Lebaran 2025. Berbagai langkah strategis disiapkan, termasuk peningkatan layanan, optimalisasi fasilitas, serta penguatan sistem digitalisasi.

Sebagai inovasi dalam layanan hiburan, KAI menghadirkan New EOB (Entertainment on Board) yang kini tersedia di kelas Luxury dan Compartment Suites, dengan platform NextGO sebagai penyedia hiburan digital bagi pelanggan.

NextGO merupakan salah satu produk unggulan PT MNC Kabel Mediacom, dan hadir sebagai solusi hiburan digital yang menghadirkan pengalaman baru bagi pelanggan KAI. 

"Melalui platform NextGO, kami memberikan akses hiburan berkualitas selama perjalanan, sehingga pelanggan dapat lebih menikmati perjalanan mereka bersama KAI," ujar Chief Sales and Marketing Officer PT MNC Kabel Mediacom Iwan Sumarwan dalam keterangannya, Kamis (13/3/2025).

Selain itu, KAI menempatkan 170 Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun untuk memberikan informasi dan bantuan langsung kepada pelanggan. Selain itu, KAI menambah 383 personel guna mendukung kebersihan dan kenyamanan, yang terdiri dari 74 petugas kebersihan stasiun, 130 petugas on-train cleaning (OTC), serta 179 petugas pencuci kereta.

Demi mendukung keberlanjutan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, KAI memperluas fasilitas water station ke empat stasiun baru yakni Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo, sehingga total kini tersedia di 28 stasiun. Selain itu, KAI akan membagikan takjil gratis kepada pelanggan yang berbuka puasa di 21 stasiun utama selama 10 hari menjelang Lebaran 2025.

Untuk meningkatkan efisiensi proses boarding, Face Recognition Boarding Gate kini telah tersedia di 21 stasiun. KAI juga menambah petugas registrasi untuk mempercepat layanan dan mengurangi antrean.

Dari sisi operasional, KAI telah menjual 1.393.836 tiket KA jarak jauh, atau sekitar 40,47 persen dari total 3.443.832 tiket yang tersedia. Pelanggan diimbau untuk melakukan pemesanan lebih awal melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau layanan Contact Center KAI 121.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap transportasi berkelanjutan, KAI juga memperkenalkan fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI, yang memungkinkan pelanggan mengetahui jumlah emisi karbon yang berhasil mereka hemat dengan menggunakan kereta api dibandingkan moda transportasi lainnya.

"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna memberikan pengalaman perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan efisien bagi seluruh pelanggan. Melalui berbagai inovasi, optimalisasi fasilitas, serta digitalisasi layanan, kami berharap dapat menghadirkan mudik Lebaran yang lebih lancar dan berkesan," ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.

Editor: Rizky Agustian

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut