Kak Seto: Perilaku Menyimpang NF karena Kekacauan Psikologis akibat Kekerasan Seksual

Sindonews, Okto Rizki Alpino ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 09:51:00 WIB
Kak Seto: Perilaku Menyimpang NF karena Kekacauan Psikologis akibat Kekerasan Seksual
Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Kasus pembunuhan sadis anak lima tahun oleh remaja NF (15) di Sawah Besar kembali mencuat. Fakta terbaru mengatakan NF merupakan korban pemerkosaan dan kekerasan seksual oleh orang-orang terdekatnya.

Seperti diketahui NF mengalami kekerasan seksual sebelum melakukan pembunuhan pada Maret 2020 lalu. Kini NF dirawat di Balai Anak Handayani dalam kondisi hamil 3,5 bulan.

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto mengatakan perbuatan NF membunuh anak lima tahun merupakan buah dari kekacauan psikologis karena mengalami kekerasan seksual dari orang-orang terdekat. Kak Seto menyebut NF juga menjadi korban dalam kasus ini.

"NF juga menjadi korban dari lingkungan yang tak aman. Masalah psikologis timbul karena ada guncangan sehingga kemudian bisa melakukan berbagai penyimpangan," kata Kak Seto, Jumat (15/5/2020).

Dengan adanya fakta ini, Kak Seto berharap aparat penegak hukum menangani perkara NF secara hati-hati supaya tak mengguncang kejiwaan NF. Dia berharap NF didampingi psikologis dan psikiater dalam persidangan.

"Karena NF masih di bawah umur, kami berharap aparat penegak hukum mengedepankan perundang-undangan pidana anak," ucapnya.

Sebelumnya polisi mengatakan NF pernah mengalami pemerkosaan oleh paman, saudaranya, dan kekasihnya. Ketiga pelaku sudah ditangkap dan paman NF terancam hukuman penjara 12 tahun.

Editor : Rizal Bomantama