Kapolri Akan Tunjuk Kabareskrim Baru, Ini Nama Kandidat Terkuat

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 06 November 2019 - 05:45 WIB
Kapolri Akan Tunjuk Kabareskrim Baru, Ini Nama Kandidat Terkuat

Gedung Bareskrim Polri (ilustrasi). (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id – Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Jenderal Pol Idham Azis, hari ini akan mengikuti proses serah terima jabatan dari Kapolri sebelumnya, Tito Karnavian. Setelah itu, Idham segera menunjuk penggantinya untuk menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Markas Besar Polri.

“Beberapa hari lagi insyallah. Ini jadi prioritas beliau tapi kan ada mekanismenya. Memang hak prerogatif seorang Kapolri tapi harus ada rapat dewan kebijakan tinggi yang dipimpin oleh wakapolri dan staf,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol M Iqbal, di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Mengenai nama-nama kandidat kabareskrim baru, dia menyebut setiap perwira tinggi polri berpangkat irjen (bintang dua) dan komjen (bintang tiga) akan berpeluang memegang jabatan itu. “Semua perwira tinggi yang berpangkat bintang dua dan bintang tiga berpeluang. Tapi jelas Bapak Kapolri akan menunjuk seorang pati yang berintegritas,” ujarnya.

Saat ini, tersebut beberapa nama calon kandidat kuat yang mulai terdengar akan mengisi kursi pimpinan Bareskrim. Dua nama calon yang mencuat adalah Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo dan Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Listyo adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Kini dia tengah menjabat kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. Sebelumnya, dia menjadi ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014 dan kepala Kepolisian Daerah Banten pada 2016. Pada 2018, Listyo resmi memimpin Propam Polri.

Sementara, Gatot adalah lulusan Akpol 1988 dan saat ini menjabat kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya. Sebelumnya, Gatot sempat menjabat wakil kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan asisten perencanaan dan anggaran Kapolri.

Terlepas dari nama-nama yang sudah beredar itu, Iqal memastikan, calon kabareskrim adalah pati yang memiliki pengalaman dan mumpuni di bidangnya. “Mempunyai track record yang baik karena jabatan kabareskrim adalah jabatan yang penting di Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil