Jajal Sensasi Sukhoi

Kapolri, KSAD dan KSAL Terima Brevet TNI AU

Gatot Trilaksono ยท Rabu, 20 Desember 2017 - 12:17 WIB
Kapolri, KSAD dan KSAL Terima Brevet TNI AU

Panglima TNI Hadi Tjahjanto selaku KSAU, Kapolri Tito Karnavian, KSAD Jenderal Mulyono dan KSAL Laksamanan Ade Supandi jajal pesawat Sukhoi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Tito Karnavian mendapat brevet penerbang kehormatan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang juga Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Tak hanya Tito, brevet penerbang kehormatan juga diberikan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi.

Bertempat di lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selaku Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menyematkan brevet tersebut kepada ketiganya. Sebelumnya, Hadi mengajak Kapolri, KSAL dan KSAD merasakan terbang di langit Jakarta menggunakan pesawat Sukhoi selama 30 menit.

Menurut Hadi, penyematan brevet penerbang kepada ketiga Kapolri, KSAL dan KSAD merupakan bentuk penghormatan. "Hari ini kita laksanakan terbang dengan pesawat Sukhoi tujuannya adalah memberikan penghormatan. Pengalaman yang kita berikan (terbang dengan Sukhoi) yakni terbang formasi. Saya selaku leader translate terbang membawa Kapolri, KSAD, KSAL sensasi menaiki pesawat Sukhoi," ucap Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (20/122017).

Jenderal Polisi Tito Karnavian merasa bangga bisa terbang langsung menggunakan pesawat Sukhoi. Dia pun berseloroh, mengaku beruntung menjabat kapolri sehingga dapat merasakan sensasi tersebut.

"Kalau tidak jadi kapolri belum tentu (naik Sukhoi). Saya suka naik Sukhoi satu-satunya tercanggih di dunia yang dimiliki TNI. Saya bangga sebagai kapolri bisa menikmati terbang bersama Sukhoi," ucap Tito.

Persiapan terbang dimulai sejak pukul 08.55 WIB. Ada empat unit pewasat Sukhoi yang digunakan, yakni Sukhoi nomor 07 digunakan Panglima TNI Hadi selaku KSAU, Sukhoi bernomor 09 digunakan Kapolri, Sukhoi bernomor 10 untuk KSAD dan KSAL menaiki Sukhoi dengan nomor 11.

Sukhoi yang mengangkut Panglima TNI Hadi lepas landas lebih dulu dan disusul secara bergantian oleh ketiga petinggi tersebut. Menjelang pukul 09.50 WIB keempat Sukhoi tersebut kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Editor : Achmad Syukron Fadillah