Karyawan Tewas Ditembak KKB, Jokowi Minta Aparat Normalkan Kondisi Papua

Carlos Roy Fajarta ยท Senin, 07 Maret 2022 - 11:51:00 WIB
Karyawan Tewas Ditembak KKB, Jokowi Minta Aparat Normalkan Kondisi Papua
Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat menormalkan kondisi di Papua. Sebelumnya delapan karyawan tewas ditembak KKB Papua pada Rabu (2/3/2022).

Hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD menanggapi peristiwa penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) beberapa waktu terakhir.

"Itu yang sudah digariskan Presiden, normalkan itu Papua. Papua harus dilihat dalam kondisi normal, karena kalau dianggap tidak normal malah jadi tidak produktif," kata Mahfud MD di Jakarta, Senin (7/3/2022).

Menko Polhukam Mahfud MD di Bakamla. (Foto MNC Portal).
Menko Polhukam Mahfud MD di Bakamla. (Foto MNC Portal).

Dia mencontohkan perampasan senjata api terkait kasus kriminalitas di Papua tidak jauh berbeda dengan wilayah lainnya yang memiliki kerawanan kamtibmas.

"Kita misalkan mau rampas senjata itu cuman dapat 111 dalam setahun misalnya. Tapi kalau di tempat lainnya yang normal seperti di Maluku dan Jakarta itu ribuan," jelas Mahfud MD.

Mahfud MD menyebutkan pemerintah akan terus mengoptimalkan kinerja institusi-institusi yang ada di Papua untuk meningkatkan stabilitas keamanan. "Kan berarti sebenarnya disana itu normal. Tinggal bagaimana kita mengefektifkan institusi-institusi ini agar tidak ada dramatisir atau dramatisasi berita," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda