Kasus Covid-19 di India Kembali Melonjak, Menkes Minta Masyarakat Waspada

Fahreza Rizky · Senin, 19 April 2021 - 20:27:00 WIB
Kasus Covid-19 di India Kembali Melonjak, Menkes Minta Masyarakat Waspada
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (Demon Fajri/MNC Portal)

JAKARTA, iNews.id - Kasus positif Covid-19 di India kembali melonjak. Masyarakat diminta terus waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin tak ingin Indonesia bernasib seperti India. Di sana laju penularan Corona naik sangat tinggi karena adanya strain baru virus serta kendurnya prokes meski vaksinasi sudah jalan.

"Pasti rekan-rekan sudah menerima banyak video, berita mengenai apa yang terjadi di India, di mana kenaikan jumlah kasusnya melonjaknya sangat tinggi di saat vaksinasinya sukses dan jumlah kasusnya menurun drastis," kata Budi saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/4/202.

Budi mengungkapkan ada dua penyebab naiknya kasus Corona di India. Pertama, karena adanya strain baru virus yang masuk. Kedua, kendurnya prokes meski vaksinasinya sudah berjalan. 

"Penyebabnya ada dua. Pertama, mutasi baru sudah masuk, juga di Indonesia walaupun kita masih sangat sedikit insidennya. Kedua, yang paling penting adalah karena mereka sudah vaksinasinya tinggi jumlah konfirmasi kasusnya menurun, mereka lupa, kurang waspada, mereka mengendurkan prokes," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2