Kasus Covid-19 Melandai, Menko Airlangga Minta Masyarakat Waspada saat Libur Akhir Tahun

Felldy Utama ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 20:01:00 WIB
Kasus Covid-19 Melandai, Menko Airlangga Minta Masyarakat Waspada saat Libur Akhir Tahun
Menko Airlangga Hartarto mengajak masyarakat terus disiplin protokol kesehatan meski kasus Covid-19 melandai (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kasus Covid-19 di berbagai daerah mengalami tren penurunan. Namun, sebagian ahli mengingatkan potensi adanya gelombang ketiga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta masyarakat agar terus waspada dan menjaga protokol kesehaatan. Libur Natal dan Tahun Baru dinilai berpotensi menyebabkan kerumunan sehingga kasus Covid-19 bisa kembali meningkat.

“Asesmen situasi pandemi di luar Jawa-Bali memperlihatkan terjadi perbaikan yang signifikan dari minggu ke minggu. Dibandingkan di awal PPKM, jumlah Kab/Kota Level 4 turun dari 132 Kab/Kota menjadi 0 Kab/Kota, sementara itu Kab/Kota Level 1 naik tajam dari 0 Kab/Kota menjadi 77 Kab/Kota,” kata Airlangga, Senin (18/10/2021).

Airlangga menyebut tidak ada provinsi di Level 4, hanya ada 1 Provinsi di Level 3, dan sebanyak 23 Provinsi di Level 2. Sedangkan di Level 1 sudah ada 3 Provinsi yakni Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.

“Namun demikian, untuk penetapan Level PPKM, selain mendasarkan pada data Level Asesmen Situasi Pandemi dari Kemenkes, juga mempertimbangkan capaian vaksinasi, di mana untuk Kabupaten/Kota yang capaian vaksinasi Dosis-1 masih kurang dari 40 persen, akan dinaikkan satu tingkat Level PPKM yang lebih tinggi,” tutur Airlangga.

Pelaksanaan PPKM untuk luar Jawa Bali akan diperpanjang dari 19 Oktober hingga 8 November 2021, namun dengan tetap dilakukan evaluasi secara mendalam di setiap minggu. Pembatasan kegiatan masyarakat sesuai level asesmen di wilayah masing-masing, dengan beberapa penyesuaian.

“Cakupan penerapan PPKM di luar Jawa Bali, untuk PPKM Level 1 akan diterapkan di 18 Kabupaten/Kota, PPKM Level 2 akan diterapkan pada 157 Kabupaten/Kota, sedangkan PPKM Level 3 akan dilakukan penerapannya di 211 Kabupaten/Kota,” kata Menko Airlangga.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: