Kemenkes Minta Masyarakat Tak Pesta Atas Pelonggaran Pakai Masker di Luar Ruangan

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 18 Mei 2022 - 06:43:00 WIB
Kemenkes Minta Masyarakat Tak Pesta Atas Pelonggaran Pakai Masker di Luar Ruangan
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemkes, Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat untuk tidak pesta dengan cara tak memakai masker di seluruh tempat setelah Presiden Joko Widodo melonggarkan aturan protokol kesehatan Covid-19. Sebelumnya Jokowi memperbolehkan melepas masker saat berada di luar ruangan. 

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan bahwa apa yang disampaikan Presiden Jokowi tidak di semua tempat melainkan hanya di satu tempat yakni hanya saat berada di luar ruangan yang tidak ada kerumunan. 

"Kan bukan semua prokes dilonggarkan hanya kalau beraktifitas di luar ruangan, tidak ada kerumuman atau padat serta bukan kelompok rentan itu masker bisa dilepas tapi di luar itu tetap digunakan," kata Siti Nadia kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (18/5/2022). 

Dia mengatakan masyarakat untuk tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan khususnya masyarakat yang rentan seperti lansia, anak dan yang memiliki penyakit kronik. Hal itu untuk mengatisipasi kembali terjadinya ledakan kasus Covid-19 

"Tetap ada pengecualian ya," pungkasnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas diluar ruangan. Hal ini setelah memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali 

Jokowi memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas diluar ruangan. Namun, harus tetap memakai masker saat di ruangan tertutup dan transportasi publik.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: