Kiai Said Harap Indonesia Jadi Penyangga Peradaban Dunia

Widya Michella ยท Senin, 28 November 2022 - 15:25:00 WIB
Kiai Said Harap Indonesia Jadi Penyangga Peradaban Dunia
Ketua Pembina Pimpinan Pusat Himpunan Sekolah - Madrasah Islam Nusantara (Hisminu) KH Said Aqil Siradj (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Pembina Pimpinan Pusat Himpunan Sekolah - Madrasah Islam Nusantara (Hisminu) KH Said Aqil Siradj menyampaikan pidato kebudayaan 'Spirit Islam Nusantara Untuk  Peradaban Dunia' di Masjid Istiqlal, Minggu (27/11/2022). 

Pada kesempatan itu, Said berharap agar Indonesia menjadi penyangga peradaban dunia. Terlebih di tengah resesi global, krisis pangan dan krisis energi dunia, telah nyata di depan mata.

"Indonesia harus mampu mandiri, berdaulat, adil dan Makmur serta menjadi center of gravity dunia (pusat gravitasi dunia), Indonesia harus mampu menjadi penyangga peradaban dunia," kata Kiai Said. 

Menurutnya hal ini dapat diwujudkan dengan kemampuan Indonesia dalam konsolidasi kedaulatan pangan, energi dan konservasi, untuk melindungi dan memakmurkan segenap warga bangsanya menuju kehidupan yang berkemaslahatan. 

"Optimalisasi sumber daya yang dimiliki, dengan kemauan yang kuat untuk mewujudkan Indonesia Hebat dan mengesampingkan kepentingan pribadi atau kelompok, serta melakukan kerja-kerja kebangsaan secara berjemaah (antara pemerintah, organisasi masyarakat sipil, pelaku usaha, parpol, akademisi dan media), akan mampu merubah ancaman menjadi peluang untuk dimenangkan," kata dia. 

Lebih lanjut kepada pemerintah sebagai penyelenggara negara harus lebih berani memihak pada kepentingan rakyat. Bahkan keselamatan nyawa manusia Indonesia harus menjadi prioritas utama.

"Segala bentuk pelanggaran, penyelewengan dan kecerobohan yang merugikan rakyat bangsa dan negara, harus diusut tuntas dan ditegakkan seadil-adilnya.  Karena pembiaran yang berkelanjutan akan menyengsarakan warga bangsa dan membahayakan masa depan Indonesia. Negara tidak boleh kalah dengan siapa pun," kata dia.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda