Komisi III DPR Sepakati Anggaran Polri 2021 Rp111,97 T dan Tambahan Rp19,6 T

Kiswondari Pawiro ยท Senin, 14 September 2020 - 21:21 WIB
Komisi III DPR Sepakati Anggaran Polri 2021 Rp111,97 T dan Tambahan Rp19,6 T

Ilustrasi Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Komisi III DPR menyepakati pagu anggaran Polri 2021 sebesar Rp111,97 triliun. Komisi yang membidangi hukum, hak asasi manusia dan keamanan itu juga menyetujui usulan anggaran tambahan Rp19,6 triliun.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, persetujuan penambahan anggaran itu untuk menjaga stabilitas keamanan negara di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal ini menjadi kesimpulan Rapat Kerja (Raker) Komisi III bersama Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

"Kami Komisi III dapat menerima penjelasan mengenai Pagu Anggaran Polri Tahun 2021 sebesar Rp111,975 triliun serta setuju dan mendukung terkait usulan tambahan yang diajukan Polri sebesar Rp19,6 triliun," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/9/2020).

"Dengan catatan, apabila terdapat belanja barang dan modal yang sesuai dengan mata anggaran yang tidak prioritas maka bisa dialihkan atau direlokasi," ucap Sahroni.

Dia mengungkapkan, dalam 1-1,5 tahun ke depan, Indonesia masih dalam kondisi sosial ekonomi yang rawan karena Covid-19. Kondisi tersebut berpotensi pada kenaikan tindakan kriminal yang meresahkan masyarakat.

"Karenanya usulan penambahan anggaran untuk Polri ini kami setujui untuk lebih menguatkan Polri dalam menjaga kemanan negara di tengah pandemi," ujar Sahroni.

Komisi III DPR, dia menegaskan, akan mengawasi penggunaan anggaran tersebut. Komisi III DPR akan meminta laporan penggunaan anggaran setiap semester I dan II tahun 2021 pada raker evaluasi APBN Berjalan guna memperhatikan program yang menjadi prioritas.

"Pastinya kami juga akan terus mengawasi dan meminta pertanggungjawaban dari kepolisian terkait anggaran ini, agar anggarannya betul-betul digunakan untuk kepentingan rakyat," kata Sahroni.

Editor : Djibril Muhammad