Komnas HAM Sebut Peristiwa Tewasnya Laskar FPI Merupakan Pelanggaran HAM

Felldy Utama ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 17:07:00 WIB
Komnas HAM Sebut Peristiwa Tewasnya Laskar FPI Merupakan Pelanggaran HAM
Komnas HAM menegaskan peristiwa penembakan enam laskar FPI sebagai pelanggaran HAM. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut peristiwa tewasnya laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 merupakan pelanggaran HAM. Oleh sebab itu Komnas HAM merekomendasikan adanya penegakan hukum dengan mekanisme pengadilan pidana.

Hal itu disampaikan Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021) sore. Dia mengatakan penegakan hukum melalui mekanisme pengadilan pidana diperlukan untuk mendapatkan kebenaran materiil yang lengkap serta menegakkan keadilan.

"Terkait peristiwa terhadap empat orang masih hidup dalam penguasaan petugas resmi negara, yang kemudian juga ditemukan tewas merupakan bentuk pelanggaran HAM," ucap Choirul Anam.

Choirul Anam menegaskan penegakan hukum terkait tindakan petugas resmi negara terhadap empat anggota laskar FPI itu tidak boleh hanya dilakukan secara internal. Selanjutnya Komnas HAM meminta dilakukan penegakan hukum terhadap orang-orang yang berada di mobil Avanza hitam B 1759 PWI dan avanza silver B 1278 KJI.

"Berikutnya, mengusut lebih lanjut kepemilikan senjata api yang diduga digunakan oleh laskar FPI. Keempat, meminta proses penegakan hukum akuntabel, objektif, transparan sesuai dengan standar hak asasi manusia," katanya.

Editor : Rizal Bomantama