Komnas HAM Serahkan Hasil Investigasi Penembakan Laskar FPI ke Jokowi

Tim iNews.id ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 12:57:00 WIB
Komnas HAM Serahkan Hasil Investigasi Penembakan Laskar FPI ke Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD. (Foto: Kemenko Polhukam).

JAKARTA, iNews.id - Komisioner Komnas HAM menyerahkan hasil investigasi penembakan 6 Laskar FPI kepada Presiden Joko Widodo pada hari ini Kamis (14/1/2021). Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

"Presiden Jokowi tadi telah menerima semua Komisioner Komnas HAM dan saya mendampingi. Komnas Ham menyampaikan secara langsung hasil investigasi 6 laskar yang mengawal Rizieq Shihab," kata Mahfud MD saat konferensi pers di kantornya, Kamis.

Mahfud mengatakan pemerintah tidak akan membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait kasus tersebut. Sebab ada aturan hukum mengenai Komnas HAM dalam investigasi terhadap suatu perkara.

"Pemerintah tidak membentuk TGPF karena undang-undang sudah mengatur. Kalau ada begitu Komnas HAM yang melakukan dan pemerintah mengambil langkah-langkah," kata dia.

Seperti diketahui, Komnas HAM sudah menyelesaikan hasil invesitasi penembakan 6 Laskar FPI. Hasilnya Komnas HAM menyatakan peristiwa tewasnya Laskar FPI masuk kategori pelanggaran HAM yang harus diproses pidana umum.

Editor : Faieq Hidayat