Kontak Senjata dengan Polisi, Satu Anggota KKB di Jayawijaya Tewas

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 23 Agustus 2019 - 17:58 WIB
Kontak Senjata dengan Polisi, Satu Anggota KKB di Jayawijaya Tewas

Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Foto: dokumen)

JAKARTA, iNews.id - Satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) meninggal dunia setelah terlibat kontak senjata dengan anggota Polres Jayawijaya di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupayen Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8/2019). Satu anggota Polres Jayawijaya terluka terkena tembak pada bagian kaki.

Kabag Penum Humas Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, informasi awal diterima dari laporan warga sekitar yang mendengar letusan senjata api di wilayah Kota Wamena tepatnya sekitar Pasar Ajibama.

Berdasarkan laporan tersebut, Polres Jayawijaya melakukan penyelidikan dan menemukan kelompok masyarakat yang membawa senjata yang diduga adalah KKB.

"Nah, setelah itu, Pak Kapolres, Dandim dan juga Danyon melakukan pengejaran dan berhasil untuk mengepung, kelima orang KKB ini terjadi baku tembak," kata Asep di Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2019).

Sebelum kontak senjata terjadi, aparat keamanan telah meminta KKB untuk menyerahkan diri, namun malah melakukan perlawanan. "Dari baku tembak ini, satu orang anggota KKB tewas di tempat. Dan empat orang lainnya, berusaha untuk melarikan diri sambil menembak ke arah petugas. Saat ini sedang dilakukan pengejaran terhadap empat orang lainnya," tuturnya.

Asep mengungkapkan, satu anggota polisi terluka yakni tertembak pada bagian kaki. Saat ini polisi tersebut sedang menjalani perawatan. "Yang satu lagi adalah anggota Satpol PP yang pada saat kejadian juga ada di tempat tersebut," ujarnya.

Polisi, menurut dia, masih menyelidiki KKB tersebut berasal dari kelompok mana. "Empat masih dalam pengejaran, dan dari pihak Polres Jayawijaya juga masih terus mencoba untuk menyelidiki, ini KKB-nya dari kelompok yang mana," katanya.

Editor : Djibril Muhammad

TAG :