Kontestan Pilkada Diimbau Bagikan Masker untuk Kampanye

Dita Angga ยท Senin, 20 Juli 2020 - 07:26:00 WIB
Kontestan Pilkada Diimbau Bagikan Masker untuk Kampanye
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto; Puspen Kemendagri).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong alat peraga kampanye (APK) dalam pilkada serentak berupa masker dan hand sanitizer. Hal ini berbeda dari pilkada-pilkada sebelumnya, yang mana APK berupa spanduk, poster maupun kaos.

Tito mengatakan masker dan hand sanitizer sangat dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19. Pembagian kedua item tersebut disebut bisa meningakatkan kedisiplinan masyarakat.

“Saran saya juga kepada KPU, kalau bisa alat peraganya (peraga kampanye) juga adalah masker dan handsanitizer, karena ini adalah senjata penting untuk memblock penularan Covid-19,” kata Tito dalam siaran persnya, Minggu (19/7/2020).

Dia mengatakan masyarakat masih banyak yang lalai terhadap protokol kesehatan. Lewat kampanye, kontestan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Covid-19.

“Ini pasti banyak yang lalai. Semua benda yang dipegang oleh yang positif. Kemudian ada semburan atau cairan dari yang positif ke benda itu akan menular ke benda itu virusnya. Kemudian jika benda itu dipegang oleh orang yang negatif, kemudian pegang hidung, wajah, mata, mulut, bisa langsung positif juga,” katanya.

Tito berharap pilkada tidak menjadi cluster penyebaran baru covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk penyediaan perlengkapan pencegahan penularan, disamping alat peraga kampanye.

“Jangan sampai Pilkada ini jadi cluster baru, maka selain alat peraga. Nanti pada saat pemungutan suara, semua diberikan alat proteksi, itu semua disiapkan juga, masker, alat cuci tangan, sarung tangan, hand sanitizer untuk para pemilih di TPS,” ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq