Konvensi Rakyat Partai Perindo Inovasi untuk Tokoh Daerah 

Carlos Roy Fajarta · Senin, 17 Januari 2022 - 22:59:00 WIB
Konvensi Rakyat Partai Perindo Inovasi untuk Tokoh Daerah 
Partai Perindo meluncurkan konvensi rakyat di Pemilu 2024. (Foto MNC Portal).

JAKARTA, iNews.id - Pengamat Politik dari Universitas Nurdin Hamzah Jambi, Pahrudin HM menyebutkan sistem konvensi rakyat yang digagas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) merupakan inovasi penting dalam rekrutmen tokoh daerah. Mereka bisa menjadi calon legislatif (caleg) di Pemilu 2024 mendatang.

"Kita dalam sistem demokrasi Indonesia menempatkan parpol sebagai sentral. Pemilu, kepemimpinan lahir dari partai politik kita harus mengakui itu," ujar Pahrudin, Senin (17/1/2022).

Dia menyebutkan peran sentral parpol dalam sistem demokrasi di Indonesia membuatnya amat dibutuhkan untuk membuat inovasi. 

"Karena di wilayah tertentu, terutama di daerah, sistem rekrutmen politik, sistem kandidasi cara konvensional yang ditetapkan belum bisa meng-cover daerah-daerah yang memiliki potensi besar dengan ide dan gagasan," katanya.

Apabila dalam sistem konvensional belum seluruhnya meng-cover mereka yang jauh dari hingar-bingar dunia informasi. Maka kata Pahrudin Perindo membuat inovasi menjemput tokoh daerah yang memiliki ide-ide membangun daerah.

"Apa yang dilakukan Perindo perlu diapresiasi tinggi, karena diyakini, akan mampu meng-cover tokoh-tokoh yang kurang diadopsi atau dijangkau oleh sistem rekrutmen politik konvensional," ungkap Pahrudin.

Sebagaimana diketahui Konvensi Rakyat berbasis digital Partai Perindo di launching pada 25 November 2021 lalu di Jakarta. Dengan sistem ini, maka pemilihan Caleg akan lebih transparan dan menghindari mekanisme proses rekrutmen konvensional.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: