Korban Meninggal Covid-19 Paling Banyak di Atas 61 Tahun, Pemerintah Minta Waspada

Binti Mufarida ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 17:33 WIB
Korban Meninggal Covid-19 Paling Banyak di Atas 61 Tahun, Pemerintah Minta Waspada

Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan angka kematian Covid-19 tertinggi pada kelompok usia diatas 60 tahun atau lanjut usia. Kasus kematian Covid-19 di Tanah Air sebanyak 16 persen adalah dari kelompok usia diatas 60 tahun.

Dewi pun menjelaskan jika ada 160 orang kelompok usia diatas 60 tahun mereka terinfeksi Covid-19, maka 16 orang diantara kelompok ini meninggal.

“Kalau berdasarkan data bagi pasien-pasien Covid-19 yang ada di Indonesia ini kita hitung resikonya dan ternyata mereka yang berusia diatas 60 tahun dan mereka yang terinfeksi Covid 16 persen dari mereka meninggal,” kata Dewi di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (3/8/2020).

Sedangkan peringkat yang kedua, kata Dewi yang berusia di antara 46 sampai 59 tahun sekitar 7,64%. “Ini bahkan setengahnya dari resiko pertama. Jadi kita harus hati-hati terhadap kelompok rentan ini,” kata Dewi.

Dewi pun mengingatkan kepada kelompok usia produktif yang saat ini tercatat banyak terpapar kasus Covid-19 untuk berhati-hati menularkan kepada kelompok usia rentan diatas 60 tahun.

“Ternyata yang tertular dan banyak menularkan adalah mereka yang usia produktif. Ini yang harus kita hati-hati. Kadang kita suka lupa yang ada masalah tapi ternyata kita bisa mengundang bencana untuk orang lain, untuk orang-orang yang kita sayang atau mungkin untuk keluarga kita,” kata Dewi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq