KPK Dalami Aliran Uang dari Kontrak Waskita kepada Mantan Dirut Jasa Marga Desi Arryani

Raka Dwi Novianto ยท Selasa, 29 September 2020 - 07:53 WIB
KPK Dalami Aliran Uang dari Kontrak Waskita kepada Mantan Dirut Jasa Marga Desi Arryani

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Staf Keuangan Divisi II PT Waskita Karya, Wagimin, Senin (28/9/2020). Dia diperiksa terkait kasus dugaan korupsi PT Waskita Karya.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, Wagimin dimintai keterangan untuk tersangka mantan Direktur Utama (Dirut) Jasa Marga Desi Arryani dan kawan-kawan. Dalam pemeriksaan itu, penyidik mendalami terkait kontrak PT Waskita dengan para subkon fiktif.

"Mengonfirmasi mengenai dugaan penerimaan dan pengiriman uang yang berasal dari kontrak-kontrak Waskita dengan para subkon fiktif kepada tersangka DSA," ujar Ali di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya Fathor Rachman serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar (YAS) sebagai tersangka.

Kedua pejabat Waskita Karya itu diduga memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi terkait proyek fiktif pada BUMN. Sedikitnya 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya.

Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur dan Papua.

Editor : Kurnia Illahi