KPU Setujui Masker hingga Hand Sanitizer Jadi Alat Peraga Kampanye Pilkada 2020

Felldy Utama ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 06:35 WIB
KPU Setujui Masker hingga Hand Sanitizer Jadi Alat Peraga Kampanye Pilkada 2020

Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyetujui penggunaan alat pelindung diri (APD) dari covid-19 seperti masker dan hand sanitizer sebagai alat peraga kampanye di Pilkada 2020. Usulan tersebut awalnya disampaikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua KPU, Arief Budiman menyampaikan persetujuan mengenai hal itu diputuskan dalam rapat konsultasi antara KPU bersama Komisi II DPR dan Kemendagri selaku perwakilan pemerintah beberapa hari yang lalu.

"Jadi untuk item ini sudah disetujui," kata Arief dalam diskusi bertajuk 'Kabar Terkini dari Pilkada Serentak di Masa Pandemi' yang disiarkan di akun Youtube resmi BNPB di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Oleh karena itu, Arief menjelaskan dalam masa kampanye Pilkada 2020, pasangan calon kepala daerah sudah diperbolehkan mencetak citra dirinya seperti foto, nomor urut hingga nama dalam APD tersebut. Hal itu berbeda dibanding kampanye di pemilu-pemilu sebelumnya di mana calon kepala daerah biasa mencetak gambar mereka di kaos atau topi.

"Dulu orang biasanya mencetak kaos dan topi. Sekarang sudah kita masukkan juga mencetak hand sanitizer kemudian masker, face shield itu diperbolehkan," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Administrasi dan Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA menyambut baik penambahan jenis alat peraga kampanye (APK) dalam Pilkada 2020 berupa APD. Menurut dia ini akan membantu mengurangi penyebaran covid-19 dan mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pelaksanaan kampanye Pilkada 2020.

"Kalau satu orang saja membagikan dua masker maka sudah ada 210 juta masker yang dibagi. Ini luar biasa kampanye pengurangan risiko terhadap covid-19," kata dia.

Editor : Rizal Bomantama