KSAD Andika Perkasa Lantik 1.000 Perwira Lulusan Diktukpasus TNI AD

iNews.id ยท Rabu, 27 November 2019 - 21:32 WIB
KSAD Andika Perkasa Lantik 1.000 Perwira Lulusan Diktukpasus TNI AD

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa melantik para perwira lulusan Diktukpasus TNI AD Tahun Akademik 2019 di Secapaad, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019). (Foto: Dispenad)

BANDUNG, iNews.id – Sejumlah 1.000 perwira lulusan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) dilantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus (Diktukpasus) TNI AD 2019. Pelantikan berlangsung di lapangan Wiradhika Secapaad, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya menjelaskan, Upacara Praspa lulusan Diktukpasus adalah acara puncak dari proses pendidikan pembentukan Perwira TNI AD yang bersumber dari Bintara. “Pendidikan mereka dilaksanakan selama tiga bulan di Secapaad,” ungkap Candra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Adapun perwira yang dilantik saat ini terdiri atas 966 prajurit pria dan 34 prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad). Candra mengatakan, dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah perwira hari ini, KSAD juga memberikan penghargaan kepada dua perwira lulusan terbaik atau berprestasi yaitu Letda Inf Doni Christian dan Letda Ckm (K) Emiliana Tris Handayani.

“Masing-masing dari Kodam V/Brawijaya (Letda Doni) dan Kesdam XIV/Hasanudin (Letda Emiliana),” ujarnya.

Dia menuturkan, para perwira ini akan diproyeksikan untuk mengisi jabatan golongan IX dalam pola pembinaan karier perwira TNI AD, yaitu komandan peleton (danton) atau jabatan setingkat di satuan tempur, satuan bantuan tempur, dan satuan bantuan administrasi. “Namun, sebelumnya mereka terlebih dulu akan mengikuti pendidikan lanjutan sesuai kecabangan masing-masing,” kata Candra.

Upacara Prasetya Perwira yang berlangsung dengan khidmat tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah perwira oleh KSAD dan penandatanganan naskah berita acara penyumpahan perwira. Setelah upacara, KSAD Andika beserta tamu undangan menyaksikan display Drumband Canka Panorama dari anggota organik Secapaad.

Pada Sabtu (23/11/2019) lalu, Komandan Secapaad, Brigjen TNI Urip Wahyudi, telah lebih dulu menutup pendidikan Diktukpasus TNI AD Tahun Akademik 2019.


Editor : Ahmad Islamy Jamil