Kumpulan Contoh Soal AKG Madrasah 2024 Beserta Kunci Jawaban
JAKARTA, iNews.id - Kumpulan contoh soal AKG Madrasah 2024 berikut ini bisa jadi persiapan untuk menghadapi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.
Menurut laman Kemenag RI, Selasa (25/6/2024), AKGTK atau Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan akan dilaksanakan pada tanggal 24 - 26 Juni 2024.
Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang TA, MI, MTs, dan MA.
Nah, bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti asesmen tersebut bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari kumpulan contoh soal AKG Kemenag 2024 berikut ini.
1. Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran. Adalah kompetensi ...
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya
Jawaban: A
2. Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini ...
A. Menyuruh anak itu mengerjakan soal kedepan dan membimbingnya
B. Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
D. Mengelompokkan dengan siswa pintar agar ikut terimbas
E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
Jawaban: C
3. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip …
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Objektif
Jawaban: E
4. Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah...
A. Video
B. Gambar banjir
C. Potongan artikel berita media cetak
D. Peta persebaran potensi banjir
E. Berita perkiraan cuaca televisi
Jawaban: C
5. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Arifin menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya.
Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Pak Arifin itu merupakan bagian dari model pembelajaran ...
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Discovery Learning
D. Autentik
E. Contekstual Teaching dan Learning
Jawaban: C
6. Pak Aank menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah ...
A. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional.
B. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
D. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
E. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.
Jawaban: B
7. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
A. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
B. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah disusun)
C. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
D. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
E. Identifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus
Jawaban: B
8. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek ...
A. kepribadian, kognitif, afektif
B. kognitif, kepribadian, psikomotor
C. afektif, kognitif, mental
D. kognitif, psikomotor, afektif
E. psikomotor, kognitif, minat
9. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara....
A. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
E. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
10. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
E. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
Jawaban: D
11. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk ...
A. mengukur ketuntasan peserta didik
B. mengukur efektivitas proses pembelajaran
C. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
D. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
E. mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
Jawaban: C
12. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan ...
A. kompetensi dasar
B. standar kompetensi
C. indikator
D. metode pembelajaran
E. sumber belajar
Jawaban: A
13. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada …
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
E. Kemampuan belajar
14. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ...
A. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
B. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik serta menyimpulkan suatu materi.
C. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
D. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
E. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Jawaban: B
15. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan ...
A. Elaborasi
B. Eksplorasi
C. Konfirmasi
D. Browsing
E. Contextual teaching learning
Jawaban: B. Eksplorasi
Demikian ulasan mengenai kumpulan contoh soal AKG Madrasah 2024. Semoga bermanfaat!
Editor: Komaruddin Bagja