Larangan Mudik, Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tak Beroperasi

Riezky Maulana ยท Kamis, 23 April 2020 - 06:58:00 WIB
Larangan Mudik, Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal Tak Beroperasi
Ilustrasi, kereta api jarak jauh. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Seluruh kereta api (KA) jarak jauh dan KA lokal di Daop 1 Jakarta tidak beroperasi kecuali KA angkutan barang. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyesuaikan operasional perjalanan seiring dengan kebijakan pemerintah memberlakukan larangan mudik saat wabah virus corona (Covid-19).

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, area Daop 1 Jakarta mulai Jumat, (24/4/2020) seluruh keberangkatan dan kedatangan perjalanan KA Jarak Jauh dan KA lokal tidak dioperasikan.

"Adapun untuk KA jarak jauh yang tidak beroperasi merupakan KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang dan berbagai kota di wilayah lainnya," ujar Eva di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Sementara untuk perjalanan KA lokal di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan, kata dia seluruhnya terdapat 31 perjalanan. Detailnya, yaitu 6 KA Pangrango (relasi Bogor – Sukabumi PP), 12 KA lokal Merak (Rangkasbitung-Merak PP), 6 KA Walahar (Tanjung Priuk – Purwakarta PP), 4 KA Jatiluhur (Tanjung Priuk – Cikampek PP) dan 3 KA Siliwangi (Sukabumi – Ciranjang).

"Secara total terdapat 70 perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan. Dari 70 KA tersebut 67 KA di antaranya merupakan KA reguler dan 3 KA lainnya merupakan KA tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur," ucapnya.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: Prabowo: Saya Bersaksi Jokowi Berjuang demi Kepentingan Bangsa Indonesia

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: