Libur Panjang di Tengah Covid-19, Doni Monardo Imbau Masyarakat Berkegiatan Lingkungan

Binti Mufarida · Sabtu, 24 Oktober 2020 - 13:05:00 WIB
Libur Panjang di Tengah Covid-19, Doni Monardo Imbau Masyarakat Berkegiatan Lingkungan
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat diminta memanfaatkan libur panjang akhir Oktober dengan berkegiatan di rumah. Cara ini, dinilai salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, aktivitas lingkungan di rumah menjadi pilihan menarik. Salah satunya dengan menanam pohon.

"Contohnya bisa mencari pohon tertentu, bibit pohon tertentu untuk ditanami,” ujar Doni melalui rekaman video yang diunggah di laman media sosial Satgas Covid-19, Sabtu (24/10/2020).

Selain itu dia juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan lingkungan RT/RW membersihkan lingkungan sekitar. “Membersihkan saluran air, selokan, gorong-gorong,” ucapnya.

Menurutnya, berkegiatan lingkungan selain untuk mencegah penularan Covid-19 juga dapat mengurangi risiko bencana saat menghadapi curah hujan tinggi akibat fenomena La Nina.

“Nah, aktivitas seperti ini akan membuat kita merasa puas kepada diri kita karena telah membantu alam, membantu lingkungan. Termasuk juga ketika terjadi sesuatu tidak menimbulkan kerugian harta benda dan juga korban jiwa,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi