Mahasiswa Demonstrasi Desak Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:07 WIB
Mahasiswa Demonstrasi Desak Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Mahasiswa menggelar demonstrasi mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu KPK di Patung Kuda, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Foto: iNews.id/WIldan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabotabek melakukan demonstrasi. Mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menerbitkan Perppu KPK.

Demonstrasi BEM SI digelar di depan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Mahasiswa tidak bisa mendekat ke depan Istana Negara karena sudah diblokir polisi.

Dalam orasi sejumlah mahasiswa BEM SI menyatakan kekecewaannya terhadap DPR yang mengesahkan revisi UU KPK. Satu-satunya harapan mereka adalah Jokowi menerbitkan Perppu KPK.

"Presiden sampai hari ini belum menunjukkan sikap jelasnya," kata orator.

Dengan mengenakan almamater mereka juga membentangkan sejumlah poster tuntutan. Beberapa di antaranya bertuliskan, "Anak Kandung reformasi sedang dianaktirikan. #SAVEKPK #Tuntaskan reformasi," "Orang jahat adalah orang baik yang tidak mengeluarkan perpu KPK,"

Beberapa kampus yang demonstrasi sore ini terdiri atas Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam, Yarsi, Sekolah Tinggi Nurul Fikri, STT PLN dan STEI Tazkia.


Editor : Djibril Muhammad