Mahfud MD Dorong Kolaborasi ASEAN untuk Pemulihan Pasca Pandemi

Riezky Maulana ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 00:36:00 WIB
Mahfud MD Dorong Kolaborasi ASEAN untuk Pemulihan Pasca Pandemi
Menko Polhukam Mahfud MD berharap kolaborasi antarnegara untuk menangani pandemi (Foto: Kemenko Polhukam)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendorong kerjasama negara-negara Asia Tenggara melalui koordinasi lintas pilar dalam implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF). Menurutnya, ini akan membuat Kolaborasi ASEAN yang lebih kuat dalam hal pengembangan dan penyediaan vaksin serta obat, yang sangat diperlukan. 

Pernyataan itu disampaikan Mahfud saat Pertemuan ASEAN Political Security Community Council (APSC Council) ke-23 yang dilakukan secara daring, Senin (2/8/2021).

Selain isu Pandemi Covid-19, Mahfud juga mengusung isu kerjasama pemberantasan terorisme di ASEAN. Ada pun caramya dengan mendorong peran aktif dari berbagai badan sektoral untuk terus mengimplementasikan Bali Work Plan 2019-2025. 

“Bali Work Plan merefleksikan komitmen kita untuk menyinergikan kolaborasi lintas pilar dan lintas sektoral dari 19 badan sektoral untuk menanggulangi meningkatnya radikalisasi dan mencegah ekstremisme yang mengarah pada kekerasan,” ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2