Ma'ruf Amin: Pancasila Jadi Titik Temu Perbedaan Suku, Agama dan Kepercayaan

Antara · Senin, 01 Juni 2020 - 19:59:00 WIB
Ma'ruf Amin: Pancasila Jadi Titik Temu Perbedaan Suku, Agama dan Kepercayaan
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat mengikuti upacara secara virtual dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila dari kediaman dinas wapres Jakarta, Senin (1/6/2020).

JAKARTA, iNews.id - Pancasila bagi Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak lain merupakan titik temu berbagai perbedaan di Indonesia. Perbedaan atas suku, agama, rasa dan kepercayaan.

Demikian disampaikan Wapres memperingari Hari Lahir Pancasila dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/6/2020). "Pancasila hadir untuk menjadi titik temu, kalimatun sawa, segala perbedaan dari berbagai macam suku bangsa, agama dan kepercayaan," ujarnya.

Ma'ruf memaparkan, sebagai ideologi bangsa, Pancasila merupakan simbol keberagaman bangsa. Kondisi tersebut merupakan hasil kesepakatan atau mitsaaq dari para pendidi bangsa.

"Pancasila merupakan hasil dari kesepakatan para pendiri bangsa. Pancasila telah menjadi konsensus nasional dari semua golongan masyarakat Indonesia," katanya.

Aktualisasi nilai-nilai Pancasila, menurut Ma'ruf, harus dilakukan dengan tindakan nyata dari seluruh masyarakat, terlebih saat ini di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Wapres Ma’ruf Amin mengikuti pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila, yang diselenggarakan secara virtual, dari kediaman dinas wapres di Jakarta pada Senin pagi.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga semangat persatuan bangsa dapat terus terjaga. Mari wujudkan Pancasila sebagai pedoman untuk melakukan tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia Maju," tuturnya.

Editor : Djibril Muhammad