Ma’ruf Amin Tarik Pelonggaran Tak Pakai Masker di Luar Ruangan

Binti Mufarida · Jumat, 01 Juli 2022 - 17:34:00 WIB
Ma’ruf Amin Tarik Pelonggaran Tak Pakai Masker di Luar Ruangan
Ilustrasi tarik pelonggaran penggunaan Covid-19. (Foto : ist)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menarik pelonggaran tak pakai masker di luar ruangan. Hal itu dilakukan karena ada lonjakan kasus Covid-19 yang angkanya menyentuh lebih dari 2.000 per hari.

“Kalau masker, protokol kesehatan tetap kita ketatkan, supaya masker terutama ya. Kan (saat) ada kenaikan terpaksa kita pakai lagi. Jadi pelonggaran itu kita tarik dulu, sampai nanti situasinya memungkinkan kita buka lagi,” kata Ma’ruf Amin dikutip dari pernyataan resminya disela kunjungan kerja di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (1/7/2022). 

Kemudian, Ma’ruf Amin menjelaskan pembatasan ataupun pelonggaran akan menyesuaikan level kasus Covid-19 di daerah masing-masing. Saat ini, sudah ada beberapa daerah yang mengalami kenaikan status.

“Kita sudah punya ukuran-ukuran, di daerah-daerah itu ada levelnya, kemarin sudah di level 1 semua. Jadi kalau ada daerah yang naik, ya terpaksa dinaikkan levelnya, kemudian juga ada pembatasan-pembatasan sesuai dengan levelnya,” ucap dia. 

Namun, Ma’ruf Amin mengungkapkan mobilitas masyarakat tidak dikurangi. Mengingat, saat ini perkembangan ekonomi Indonesia yang sudah mulai membaik.

“Karena kita tidak ingin mengurangi mobilitas masyarakat, sebab itu berpengaruh pada perkembangan ekonomi kita yang sudah membaik,” ujar Ma’ruf Amin.

Sementara itu, ia juga meminta agar daerah-daerah yang mulai mengalami lonjakan kasus, seperti di DKI Jakarta untuk kembali menggencarkan vaksinasi Covid-19 dalam rangka meningkatkan kekebalan. 

“Bagaimana kita mengendalikan, pendekatannya, pendekatan kedaerahan, provinsi mana yang ada kenaikan itu, Jabotabek, itu yang kita coba atasi melalui kembali vaksinasinya digencarkan mungkin ada sudah mulai melemah ya kita vaksinasi kembali supaya memiliki kekebalan,” tutupnya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda