Menag Yaqut : Tidak Ada Pemberhentian Umrah

Widya Michella ยท Senin, 17 Januari 2022 - 14:58:00 WIB
Menag Yaqut : Tidak Ada Pemberhentian Umrah
Menag Yaqut Cholil Qoumas menegaskan tidak ada larangan umrah meski ada kenaikan kasus Omicron. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan tidak memberhentikan penyelenggaraan ibadah umrah 1443H/2022M. Justru yang diberhentikan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP) .
 
OGP mewajibkan seluruh jemaah umrah menjalani karantina selama sehari sebelum terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta. Setibanya di Asrama Haji Pondok Gede, mereka langsung melakukan screening kesehatan dan kelengkapan dokumen, termasuk pemeriksaan PCR standar dari Kementerian Kesehatan.

"Tidak ada pemberhentian umrah tapi ini ada komunikasi publik yang agak salah tangkap jadi bukan diberhentikan. Tetapi OGP-nya dihentikan per 15 Januari karena dianggap sudah jalankan tanpa OGP," ujar Menag dalam Rapat kerja bersama komisi VIII DPR RI, yang disiarkan secara daring, Senin,(17/1/2022).

Dia mengatakan pemerintah tidak dapat melarang penyelenggaraan ibadah umrah karena pelaku perjalanan luar negeri pun tidak dilarang.

"Umrah tetap karena tidak ada yang boleh melarang orang yang pergi keluar negeri termasuk umrah. Ketika visa itu sudah didapat tidak ada satu undang-undang yang melarang warga negaranya pergi keluar negeri kalau dia dapat visa,kecuali dia terkena masalah hukum. Jadi kalau visa itu sudah didapat dia berhak" ujarnya.

Namun tidak dilarang nya umrah, pemerintah lanjut Menag tetap berhak menyiapkan regulasi guna mengurangi penyebaran virus covid-19.

"Tetapi pengaturannya pemerintah berhak melakukan pengaturan. Kemarin pak Dirjen mau mencabut pengaturan OGP itu tapi saya minta karena ada kasus tim advance yang terkena omicron saya minta jalan terus," ucapnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: