Mendagri Usul Kelurahan Diberi Anggaran untuk Hadapi Covid-19

Dita Angga ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 03:20 WIB
Mendagri Usul Kelurahan Diberi Anggaran untuk Hadapi Covid-19

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengusulkan kelurahan agar diberi bekal anggaran untuk menghadapi penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Menurut Tito, usulan tersebut telah disampaikan kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Dia mengatakan, anggaran tersebut sekaligus sebagai penguatan di tingkat kelurahan. "Ini sedang kami upayakan. Termasuk anggarannya. Mudah-mudahan bisa disetujui," kata Tito saat membuka rapat koordinasi secara virtual, di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Berbeda dengan desa yang memiliki anggaran langsung dari APBN dan APBD, dana kelurahan biasanya masuk dalam dana alokasi umum (DAU).

Seperti diketahui pemerintah pun memberikan alokasi anggaran bagi kelurahan melalui DAU tambahan bantuan pendanaan. Untuk tahun 2020 ini besarannya mencapai Rp3 triliun.

"Kami berusaha memperkuat kelurahan selain desa-desa," ucap mantan kapolri ini.

Tito memaparkan, kelurahan juga merupakan bagian dari basis pertahanan dalam melawan pandemi Covid-19. Hal ini mengingat sebagian besar kelurahan ada di kota-kota yang mana banyak kasus Covid-19 di kota-kota.

"Kelurahan sebagai basis pertahanan atau perlawanan terhadap Covid-19. Kelurahan ada di kota. Dan problemnya juga paling banyak justru di kota-kota," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad