Mengenal Omicron, Varian Covid-19 yang Sebabkan 2 Pasien Meninggal Hari Ini

Felldy Utama ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 19:19:00 WIB
Mengenal Omicron, Varian Covid-19 yang Sebabkan 2 Pasien Meninggal Hari Ini
Varian Omicron diketahui sangat menular. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan dua orang pasien yang terkonfirmasi varian Omicron meninggal dunia, Sabtu (22/1/2022). Dua pasien tersebut dipastikan mempunyai komorbid. 

“Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso," kata Jubir Kemenkes Siti Nadia, Sabtu.

Sejak 15 Desember 2021 hingga saat ini secara kumulatif tercatat 1.161 kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Indonesia.

Dilansir dari situs Kemenkes, tingkat penularan Omicron lebih tinggi dibandingkan dengan Delta. Dengan mempertimbangkan tingkat penularan dan risiko keparahan, maka didapati hasil bahwa kemungkinan akan terjadi peningkatan penambahan kasus yang cepat akibat Omicron. 

Namun, penularan tersebut diiringi dengan tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit atau ICU yang lebih rendah dibandingkan dengan periode Delta.

Varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi tapi dengan risiko sakit berat yang rendah. Masyarakat harus tetap waspada dengan disiplin protokol kesehatan.

Sumber penularan Omicron, paling banyak dibawa dari warga yang baru saja pulang dari luar negeri. Warga diminta menunda perjalanan ke luar negeri karena risiko penularan yang besar.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: