Menkes : Pasien Omicron yang Perlu Masuk Rumah Sakit Hanya 6 Persen

Binti Mufarida ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 17:57:00 WIB
Menkes : Pasien Omicron yang Perlu Masuk Rumah Sakit Hanya 6 Persen
Tenaga medis di RS Khodijah memeriksa pasien Covid-19. (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasien Omicron yang dirawat di rumah sakit hanya 6 persen. Total kasus Omicron saat ini sebanyak 1.988 orang.  

"Sebenarnya yang masuk rumah sakit, yang perlu masuk Rumah Sakit itu adalah yang 59 itu atau 59 itu sekitar berapa sekitar 6%, 7% dari yang dirawat sekarang," kata Menkes saat Konferensi Pers secara virtual, Kamis (27/1/2022).

“Jadi poin kedua, yang perlu dirawat hanya kalau dia membutuhkan oksigen. Berdasarkan datanya kita selama Omicron itu jalan sekitar 5 sampai 6% dari yang sekarang ada di rumah sakit,” imbuh dia. 

Menkes mengatakan dari 1.988 kasus Omicron dimana yang sudah sembuh atau selesai dirawat ada 765 orang. Sementara pasien Omicron yang dirawat 854 orang sejak awal Desember 2021.

“Pasien Omicron masuk kategori asimtomatik atau OTG sebanyak 334. Sedangkan yang kategori sedang, yang artinya butuh oksigen ya dan berat itu biasanya masuk ICU itu ada 59,” kata Menkes.

Menkes mengatakan bahwa pasien Omicron yang bergejala ringan bisa dirawat di rumah dan bisa sembuh sendiri. “Karena itu tadi lebih ringan atau kalau dia ada gejala batuk-batuk, sedikit demam, pilek itu masuk rumah sakit termasuk kategori ringan dia bisa dirawat di rumah sendiri,” papar Menkes. 

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: