Menkes soal Omicron : Setiap Varian Baru Pasti Ada Lonjakan Kasus Covid

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Minggu, 28 November 2021 - 21:21:00 WIB
Menkes soal Omicron : Setiap Varian Baru Pasti Ada Lonjakan Kasus Covid
Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan varian baru Covid-19. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut setiap muncul varian baru terjadi lonjakan kasus Covid-19. Hal itu berdasarkan catatan varian baru Alfa, Beta dan Delta. 

"Jadi setiap ada varian baru pasti ada lonjakan. Faktor utama itu adalah lonjakan baru. Kenapa ini menjadi variant of concern cepat karena dia bermutasinya sangat banyak dan berbahaya dari varian dari sebelumnya," katanya dalam jumpa pers, Minggu (28/11/2021).

Menurut dia, virus corona bermutasi sekitar 50 varian. Mutasi yang buruk dibagi tiga kelompok. 

Kelompok pertama, mutasi yang meningkatkan keparahan. Kelompok kdeua mutasi-mutasi yang meningkatkan transmisi penularan. Kelompok ketiga adalah kelompok mutasi yang meningkat escape immunity atau bisa menghindari vaksin.

"Khusus untuk omicron ini studinya masih berjalan. Jadi jangan termakan berita hoaks yang seakan-akan mereka menjadi ahli virologi. Ini bidangnya virologi. Untuk kelompok meningkatkan keparahan sampai sekarang belum ditemukan indikasi bahwa omicron ini meningkatkan keparahan," katanya.

Budi meminta masyarakat waspada adanya penularan varian Omicron. Meskipun begitu, dirinya juga mengimbau agar tetap tenang karena varian baru tersebut masih tahap penelitian.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda