Menkes Terawan Sebut Wisma Atlet untuk Pasien Covid-19 dengan Gejala Ringan

Rizki Maulana ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 11:54 WIB
Menkes Terawan Sebut Wisma Atlet untuk Pasien Covid-19 dengan Gejala Ringan

Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat dioperasikan sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19 mulai besok Senin (23/3/2020). Dua tower yang digunakan sebagai rumah sakit darurat diklaim mampu menampung hampir 2.000 pasien.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (22/3/2020) menjelaskan Wisma Atlet Kemayoran akan merawat pasien dengan gejala ringan. Kebijakan itu diambil agar rumah sakit rujukan pasien Covid-19 bisa fokus menangani pasien dengan gejala berat.

"Rumah sakit darurat di Wisma Atlet akan menyiapkan ruang isolasi. Rumah sakit yang menampung pasien dengan gejala ringan bisa mendorongnya ke Wisma Atlet," kata Terawan.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu menyebut rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit-rumah sakiit yang merasa tidak mampu lagi menampung. Dia mengatakan pihak rumah sakit yang akan mengklasifikasikan mana pasien yang mengalami sakit ringan, sedang hingga berat.

"Jadi rumah sakit yang akan dorong. Ini untuk menurunkan kesibukan di rumah sakit," ucapnya.

Selain itu semua peralatan medis yang dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran bersifat portabel. Sehingga tidak memungkinkan untuk membangun intensive care unit (ICU) bagi pasien dengan gejala berat.

Dalam kesempatan yang sama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan hari ini pemerintah akan menyelesaikan proses pemasangan alat medis portabel di Wisma Atlet Kebayoran. Sehingga malam ini akan diadakan gladi resik untuk persiapan operasional besok Senin.

Editor : Rizal Bomantama