Menpora Tak Anggarkan Dana untuk Kwarnas, Adhyaksa Lapor ke JK

Antara ยท Jumat, 27 Juli 2018 - 17:22:00 WIB
Menpora Tak Anggarkan Dana untuk Kwarnas, Adhyaksa Lapor ke JK
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Jakarta. Tujuannya menemui orang nomor dua di republik ini untuk melaporkan sikap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang tidak kunjung menganggarkan dana untuk Kwarnas tahun 2018.

“Ya kami sampaikan bahwa kami ini sama sekali tidak ada (anggaran). Nanti Pak Wapres (JK) yang akan mengkomunikasikan dengan Pak, siapa itu, Pak Imam. Karena untuk tahun ini tidak mungkin cair karena ini sudah mau akhir tahun anggaran,” ujar Adhyaksa di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Jumat (27/7/2018) sore.

Adhyaksa mengatakan, Kwarnas telah mengirimkan surat kepada menpora yang berisi permohonan audiensi untuk membicarakan masalah anggaran kegiatan kepemudaan Pramuka. Namun, sampai saat ini belum ada iktikad baik Imam Nahrawi untuk menemui Adhyaksa dan pengurus Kwarnas lainnya guna membahas masalah tersebut.

“Kami sudah menyurati, sudah beberapa kali kami minta audiensi dengan menpora. Tetapi ketemunya dengan deputi (pejabat di bawah menteri) terus. Saya juga mantan menpora nih, lima tahun, masa susah banget untuk ketemu pak menteri (Imam Nahrawi),” ucap Adhyaksa.

Pria yang menjabat menpora periode 2004-2009 itu mengatakan, ketiadaan anggaran dari Kemenpora untuk Kwarnas Pramuka tahun ini di luar kebiasaan kementerian tersebut. Dari tahun ke tahun, Kemenpora biasanya menganggarkan Rp45 miliar untuk kegiatan kepemudaan Pramuka.

“Waktu saya menjadi Menpora, Rp45 miliar setiap tahun untuk kegiatan ini; kemudian waktu Andi Mallarangeng juga Rp45 miliar, zaman Pak Roy Suryo juga Rp45 miliar. Nah, ini dari menpora sekarang tahun pertama (2015) Rp45 miliar, tahun kedua (2016) Rp25 miliar, tahun ketiga (2017) Rp10 miliar, tahun ini tidak ada,” ungkap Adhyaksa.

Kemenpora memang tidak mengganggarkan dana untuk kegiatan Kwarnas Pramuka di Tahun Anggaran 2018. Kondisi itu menyebabkan Kwarnas Pramuka kesulitan mencari dana untuk penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) yang dijadwalkan berlangsung pada 25–29 September 2018 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Akibatnya, penyelenggaraan Munas Kwarnas Pramuka 2018 harus dibantu dengan suntikan dana dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp1,2 miliar. Selebihnya, Kwarnas Pramuka harus mencari cara agar memperoleh dana untuk penyelenggaraan Munas tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil