Merasa Nyaman di China, 4 WNI Menolak Dievakuasi ke Indonesia

Felldy Utama · Senin, 03 Februari 2020 - 18:28:00 WIB
Merasa Nyaman di China, 4 WNI Menolak Dievakuasi ke Indonesia
Rapat kerja Komisi XI DPR bersama Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020). (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 3 warga negara Indonesia (WNI) tidak ikut dievakuasi ke Tanah Air dari Provinsi Hubei, China. Ketiga WNI itu diketahui kondisi sakit.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, dari 245 WNI yang ada di China hanya 238 orang yang dievakuasi. Sementara 4 WNI lagi tidak bersedia dievakuasi karena merasa nyaman di Wuhan, China.

"Mereka membuat surat pernyataan aman supaya tidak ada sakwa sangka," ujar Terawan saat menghadiri rapat kerja (raker) dengan Komisi IX DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/1/2020).

BACA JUGA:

Usai Evakuasi WNI dari Wuhan, Pesawat Batik Air Disetrilisasi

2 Rumah Sakit di Batam Disiagakan Sambut 245 WNI dari Wuhan China

Dia menuturkan, aturan yang berlaku 3 WNI yang sakit tidak boleh diberangkatkan. Aturan tersebut sesuai yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Yang 3 tidak lolos proses screening kesehatan oleh pemerintah China. Yang sakit tidak boleh diberangkatkan. Ibaratnya sakit mata juga tidak boleh," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi