MNC Peduli dan MNC University Latih Anggota PMR Jadi Generasi Cerdas Digital
JAKARTA, iNews.id – Di tengah derasnya arus informasi di era digital, kemampuan menggunakan media sosial secara cerdas dan bertanggung jawab menjadi hal penting, terutama bagi generasi muda.
Menyadari hal itu, MNC Peduli bersama MNC University dan PMI Kota Jakarta Pusat menggelar pelatihan literasi digital bertajuk 'Literasi Melek Media Sosial bagi Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Jakarta Pusat'.
Kegiatan ini berlangsung di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Minggu (9/11/2025) dan diikuti 150 anggota PMR dari tingkat madya dan wira. Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua PMI Jakarta Pusat, Asep Djuanda, serta dihadiri Ketua Studi Manajemen MNC University, M Rezki Oktavianoor dan perwakilan MNC Peduli, Ivan Kahubung.
Dalam sambutannya, Asep Djuanda menekankan pentingnya pemahaman literasi digital di kalangan remaja. Menurutnya, banyak anak muda yang masih belum bijak menggunakan media sosial dan mudah terpengaruh oleh informasi yang belum terverifikasi.
“Kami berupaya agar anggota PMR di Jakarta Pusat memahami cara membedakan berita benar dan tidak benar, serta menggunakan media sosial dengan bijak,” ujar Asep.
"Melalui kegiatan ini, kami ingin mereka menjadi generasi muda yang mampu menjaga etika dan bertanggung jawab di dunia digital," sambungnya.
Para peserta mendapatkan berbagai materi edukatif seperti etika bermedia, cek fakta informasi, jejak digital, hingga praktik membuat konten positif berupa foto, video, dan caption.
Kegiatan berlangsung interaktif melalui sesi ice breaking, diskusi, dan workshop bertema 'Aksi Remaja Peduli' yang mendorong peserta menyalurkan kreativitas dalam membuat kampanye digital berisi pesan kemanusiaan.
Salah satu peserta, Putri Haidra, mengaku kegiatan ini membuka wawasannya tentang pentingnya bermedia sosial dengan bijak.
“Saya belajar banyak dari acara ini, terutama tentang bagaimana membuat konten yang bisa menginspirasi orang lain di media sosial,” ujar Putri.
Peserta lainnya, Evanthya Nazifa, menilai pelatihan ini relevan dengan kehidupan generasi Z yang sangat dekat dengan media sosial.
“Kita harus memperhatikan kata-kata dan unggahan di media sosial, karena semua punya norma. Gunakan media sosial untuk hal positif dan bermanfaat bagi orang lain,” katanya.
Sementara itu, Ketua Studi Manajemen MNC University, M Rezki Oktavianoor, menjelaskan bahwa keterlibatan MNC University dalam kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat.
“Generasi Z lebih paham teknologi dibanding generasi sebelumnya, tapi kesadaran mereka dalam menggunakan media sosial masih perlu dibangun. Kami ingin mendorong mereka agar bertanggung jawab terhadap konten yang dibuat,” ujar Rezki.
Melalui kegiatan ini, MNC Peduli, MNC University, dan PMI Jakarta Pusat berharap para peserta dapat menjadi agen perubahan positif di dunia digital menyebarkan pesan kemanusiaan, melawan hoaks, dan menjadi teladan dalam bermedia sosial yang beretika.
Editor: Puti Aini Yasmin