Muhammadiyah: Kedudukan Mbah Moen di PPP Tak Tergantikan

Antara ยท Selasa, 06 Agustus 2019 - 17:30 WIB
Muhammadiyah: Kedudukan Mbah Moen di PPP Tak Tergantikan

Logo Muhammadiyah (ilustrasi). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Anwar Abbas, menganggap almarhum KH Maimun Zubair sebagai ulama yang punya kedudukan besar di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menurut dia, posisi yang dimiliki sang kiai seperti tidak tergantikan di partai berlambang Kakbah itu.

“Ini disebabkan beliau itu punya ilmu dan karisma, sehingga teman-teman dan adik-adiknya di partai menghargai dan menghormatinya,” kata Anwar kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Menurut Anwar, wafatnya Mbah Moen di Tanah Suci Makkah pada hari ini sekaligus menjadi jawaban dari Allah SWT atas doa almarhum. Doa tersebut menyangkut tentang hari, tempat, dan momentum yang dijalani ulama asal Rembang, Jawa Tengah, itu saat tutup usia.

“Beliau menginginkan meninggal pada hari Selasa seperti yang dialami oleh bapak dan kakek beliau sendiri, dan di saat, serta di tempat yang istimewa, yaitu ketika mengerjakan ibadah haji dan di Makkatul Mukarramah,” tuturnya.

Karenanya, kata Anwar, di sisi lain kepergian Mbah Moen jelas merupakan hal luar biasa. “Dan tentu saja bagi kita ini adalah suatu pertanda bahwa beliau adalah orang baik,” ujar sekretaris jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Dia berharap kepergian Mbah Moen dapat dilepas oleh seluruh keluarga dan umat dengan ikhlas. “Mudah-mudahan amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT,” katanya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil