Muhammadiyah Tegaskan Covid-19 Bukan Konspirasi

Antara ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 01:01:00 WIB
Muhammadiyah Tegaskan Covid-19 Bukan Konspirasi
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

JAKARTA, iNews.id - Perdebatan terkait apakah pandemi covid-19 merupakan sebuah konspirasi masih terjadi di tengah masyarakat. Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menegaskan covid-19 bukan lah konspirasi.

Menurutnya perdebatan mengenai apakah covid-19 merupakan konspirasi harus segera diakhiri. Haedar menyebut perdebatan hanya akan membuat masyarakat lupa konteks darurat penanganan covid-19 serta tidak produktif.

"Pandemi ini bukan ilusi dan bukan konspirasi, tetapi realitas objektif yang tidak hanya dihadapi Indonesia tetapi oleh seluruh bangsa di berbagai negara," kata Haedar dalam pengajian online yang dipantau dari Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Muhammadiyah menurutnya telah menggerakan sumber dayanya untuk membantu dalam penanganan covid-19 seperti melalui layanan kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Menurutnya Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan berbasis agama Islam harus menjadi solusi di tengah pandemi.

Dalam penanganan covid-19, Muhammadiyah mengombinasikan penjagaan jiwa dan agama. Penjagaan jiwa yang dimaksud dengan mencegah dan menangani penularan covid-19. Sementara penjagaan agama dengan mengajak masyarakat menjauhi kerumunan meski itu salat berjemaah demi keselamatan bersama.

"Kita mencegah penularan. Menjaga satu nyawa atau 'hifzun nafs' sama dengan seluruh nyawa, menjaga agama atau 'hifdzudin'. Ini jangan dipertentangkan. Bukan tidak salat berjemaah dan salat di rumah itu tidak menjaga agama tapi ini sudah memiliki dasar pertimbangan syariah. Muhammadiyah berusaha 'hifdzudin' dan 'hifdzunafs' jangan dipertentangkan," katanya.


Editor : Rizal Bomantama