Nadiem Prioritaskan Guru Honorer yang Lolos Passing Grade 2021 di Seleksi ASN PPPK 2022  

Bachtiar Rojab · Senin, 06 Juni 2022 - 12:38:00 WIB
Nadiem Prioritaskan Guru Honorer yang Lolos Passing Grade 2021 di Seleksi ASN PPPK 2022  
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (Foto: Dok Kemendikbudristek)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim memprioritaskan guru honorer yang lolos passing grade 2021 di Seleksi ASN PPPK 2022. Menurut Nadiem, hal tersebut sesuai dengan aturan.

Nadiem mengatakan aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 20 Tahun 2022, tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2022. Prioritas tersebut tertuang dalam PermenPANRB Pasal 5, Ayat 2, tentang pelamar prioritas I. 

“Yang akan menjadi prioritas pada pengadaan guru PPPK tahun 2022 adalah guru non Aparatur Sipil Negara (ASN) atau honorer yang telah lolos passing grade atau memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Jabatan Fungsional guru tahun 2021,” kata Nadiem dalam keterangannya. 

Nadiem menjelaskan, pada seleksi ASN PPPK tahun 2021 ada 193.954 guru yang lulus. Namun, mereka tidak dapat formasi sehingga akan menjadi prioritas pada seleksi ASN PPPK tahun 2022. 

“Pemerintah akan memberikan prioritas kepada guru yang telah lulus tahun lalu pada seleksi ASN PPPK tahun ini,” ujar dia. 

Seperti diketahui, pada Pasal 32 dijelaskan seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil seleksi tahun 2021. Seleksi kompetensi tersebut terdiri atas seleksi kompetensi I dan seleksi kompetensi II. Apabila pelamar memilih jabatan yang sama pada seleksi kompetensi I dan seleksi kompetensi II, maka dinyatakan lulus dengan menggunakan nilai akhir paling tinggi. 

Selain itu, apabila pelamar memilih jabatan yang berbeda pada seleksi kompetensi I dan seleksi kompetensi II, maka dinyatakan lulus dengan menggunakan nilai akhir pada seleksi kompetensi II terlebih dahulu.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda